Kamis, 13 September 2012

Eksotisme Keindahan Gunung Semeru

Perjalanan Gunung Semeru
21 – 26 Agustus 2012

Syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas semua Berkat dan RahmatNya yang diberikan kepada kita semua. Sehingga kami bisa menyampaikan sebuah laporan perjalanan untuk kawan – kawan yang berminat ingin melakukan perjalanan ke gunung SEMERU 3676 mdpl. Selalu semangat untuk menikmati semua karya Tuhan Yang Maha Esa, tiada sia – sia Tuhan menciptan alam ini yang di peruntukan untuk kita sebagai manusia atau khalifa di muka bumi yang di beri amanat untuk menikmati dan menjaganya, salam lestari saudara ku.....




Perjalanan di mulai pada tanggal 21/08/2012 di mulai dari kota tercinta KLATEN pada 06.30 wib. Chek bus untuk kelancaran perjalanan setelah selesai pada pukul 07.30 petulangan baru start bro…., selama perjalan menuju ke semeru kita di suguh dengan pemandangan kemacetan lalu lintas yang cukup bikin pusing bro…..tapi gak jadi masalah karena bus yang kita gunakan bus ac, panas dan gerah gak la yau…..,setelah bus sampai di KEDIRI kita turun di TERMINAL PARE setelah sampai di terminal pare kita disarankan naik BUS PUSPA INDAH jurusan KOTA MALANG ada pun ongkos perjalanan dari KEDIRI ke MALANG sekitar Rp 15.000 / orang perjalanan dari kediri ke malang cukup bikin badan kelelahan karena perjalan an ternyata cukup panjang karena melewati BATU jalurnya berliku bro…setelah sampai di MALANG kita turun untuk mengisi tenaga alias madhang muoll….dengan menu yang cukup sederhana dan familier NASGOR per porsi Rp 7000 / orang. Setelah dirasa cukup memulihkan tenaga maka kami bergegas membeli perbekalan atau logistic sebesar Rp 62.000 untuk digunakan selama perjalan mendaki gunung semeru. 



 
Perjalanan kami lanjutkan dari terminal MALANG – ARJOSARI menggunakan angkuta biru yang berkode ADL tarif yang dikenakan sebesar Rp 5000 / orang. Setibanya di terminal ARJOSARI kami mandi dan shalat menghadap big bos (ALLAH) biar semua perjalanan ini di beri berkah dan rahmatnya, amin. Setelah membersihkan diri kita semua melanjutkan perjalan menuju TUMPANG yang dikenal pendaki sebagai pintu pertama menuju petualangan ke tempat para DEWA ada pun perjalanan dari ARJOSARI – TUMPANG kita menggunakan angkutan putih dengan kode TA saat kita mau naik angkutan tersebut kita disarankan oleh bapak-bapak supir untuk menginap di rumah bapak ROSNO, perjalanan ARJOSARI – TUMPANG dikenakan cash sebesar Rp 10.000 / orang karena perjalanan malam bro…tarif 10.000 hanya untuk malam hari kalau siang hari cuman dikenakan cash Rp 6000 – Rp 5000 saja. Setibanya di kediama pak ROSNO kita disambut dengan hangat oleh tamu pak rosno yang juga para pendaki yang mempunyai tujuan yang sama ke SEMERU sob…..kita pun langsung kenal dengan kawan baru kita ini dia ada 2 orang dari DEMAK dan LOMBOK, adhip (laki2) from DEMAK and liana (wanita) LOMBOK. Kita semua tidur diruang tamu rumahnya pak rosno. Setelah suara adzan subuh berkumandang kami semua bangun untuk melakukan ibadah subuhan setelah itu kita prepare ada pun kemurahan hati dari keluarga pak rosno kita dibantu untuk membuat perijinannya yang kurang dan seteko teh panas dibuatkan buat kita semua yang ada disitu.



 Dan kita pun melanjutkan menggunakan kendaran yang sudah di siapkan oleh pak rosno sebuah transportasi yang tidak asing TRUK ENGKEL setelah semua pendaki dirasa siap semua kami semua naik ke atas truk untuk melanjutkan perjalanan dari TUMPANG – RANUPANE. Ada pun cash yang dikenakan sebesar Rp 30.000 / orang. Setibanya diRANUPANE kita semua makan dan mengurus administrasi sebesar Rp 39.000 / team, 1 team 5 orang, jadi kalau di hitung per person Rp 8.000 / orang adapun dalam perijinan kita harus membawa fotocopy, surat sehat dan materai. So must go on brada semua ijin sudah didapat dan stamina kembali pulih maka kita semua melanjutkan perjalana mendaki SEMERU ada pun jarak tempuh yang harus kita jalanan seperti dibawah ini :

RANU PANI  - 3 km -   LANDENGAN DOWO - 3 km -  WATU REJENG - 4.5 km - RANU KOMBOLO


Setiba diRANU KOMBOLO kami ngecamp disana untuk memulihkan stamina yang terkuras habis selama 5 jam perjalan menuju RANU KOMBOLO, kita semua istirahat ditenda dan memasak makanan untuk mengisi perut yang kosong alias lapeerrrrr……..setelah makan malam kita BBM an bro……( bincang - bincang malam ) biasa pembicaraan laki-laki antara wanita, pengalaman dan lain-lain. Setelah pagi menyising dan sarapan kita semua melanjutkan pendakian ke Pos istirahat berikutnya KALIMATI   ada pun jalur yang harus kami tempuh untuk menuju KALIMATI sebagai berikut :

  
Setibanya diKALIMATI kita mendirikan tenda untuk beristrahat tenda kita bersebelahan dengan sahabat dari MALANG yang pernah main ke MERAPI disana kami banyak tertolong dengan perbekalan dari sahabat yang biasa di panggil mbok de dan cak gembeng kita dijamu dengan makanan yang amis-amis seperti sosis, perkedel sarden, dan soup bakso. Jika kita tidak ada jamuan dari sahabat dari malang mungkin logistic kita sangat amat minim ternyata perbekalan yang kita beli kurang….tapi itu lah keunikan di sahabat dari gunung mereka tidak rela kawan seperjuanganya kelaparan……..!!!! 
Pada pukul 24.00 wib perjalanan menuju puncak para dewa di mulai. Kami pun mulai makan dan bersiap-siap untuk melakukan perjalanan panjang yang diperkirakan akan menempuh waktu sekitar 5-6 jam sampai puncak MAHAMERU. Ternyata ada sekitar 200 – 300 orang yang menuju puncak MAHAMERU dan perjalanan kita pun semakin berat dengan setelah melalui batas fegetasi tumbuhan dimana jalur yang harus kita lewati semua berpasir dan sangat menguras tenaga para pendaki sehingga tidak sedikit pendaki yang mengurungkan niatnya ke puncak MAHAMERU termasuk saya sendiri tidak sampai dipuncak MAHAMERU dikarena kondisi saya ngedrop yang disebabkan tidak lancar pernapasan sehingga saya memutuskan diri untuk turun dan kembali ke KALIMATI dalam perjalan turun saya ditemani teman saya si ipunk dan yang satu lagi saya minta untuk sampai TOP MAHAMERU untuk memastikan berapa jam yang harus ditempuh para pendaki. Setelah semua kembali ke KALIMATI kita yang lebih dulu sampai tenda mencari persedian air di SUMBER MANI jaraknya sekitar 1 km an atau pulang pergi sekitar 1 jam perjalanan. 




Setelah semua beristirahat dan kondisi kembali sedikit fit kami melanjutkan perjalan ke pulang tapi transit dulu ke RANUKOMBOLO. Saat perjalan ke RANUKOMBOLO kita banyak bertemu kawan-kawan pendaki dari TEMPE. Dan akhirnya kita pun tiba di RANUKOMBOLO dan mendirikan tenda untuk beristirahat semalaman dan kita pun mendapat teman dari jakarata yang tepatnya teman dari mas ompunk saat kita ditenda ternyata teman mas ompunk membawa sesuatu yang sangaat amat nikmat yaitu rendang daging…..seketika tenda yang kita pakai berbau seperti restoran padang…hahahaha…… kita semua terlelap dan pagi pun muncul kita semua yang belum mandi siap mengeabadikan moment yang keren-keren diRANU KOMBOLO. Sarapan pagi pun disiapkan yaitu nasi goreng becek………setelah perut sudah diisi dan udara sudah tidak mulai dingin maka kita semua packing persiapan untuk turun ke RANUPANI. Setibanya kita diRANU PANI semua mesen es teh yang ternyata gak dingin wkwkwkwkwk kasihan deh loe…ternyata air aqua lebih nikmat dan segar pada saat kita turun ternyata di basecamp RANUPANE ada hiburan rakyat yaitu musik dangdut dan regge musik. Kita pun menunggu jemputan truk pak rosno, ternyata truknya magrib baru sampai. Dan kita pun langsung naik dan menuju TUMPANG. Setibanya dirumah pak ROSNO kawan-kawan pun pada membersihkan diri. Dan kami pun langsung dijemput angkutan putih menuju ARJOSARI. 
Setiba diterminal kami naik BUS JURUSAN SURABAYA cash nya sebesar Rp 25.000/orang itu yang AC kalau non AC sekitar Rp 15.000 / orang. Diperjalanan menuju SURABAYA kami semua terlelap tidur karena lelah setelah pendakian. Pukul 01.00 wib pun kami semua tiba diterminal SURABAYA. Kita pun gak buang waktu untuk mencari bus jurusan SURABAYA – KLATEN dan akhirnya pun kita dapet bus jurusan Surabaya – klaten dengan tarif Rp 43.000 / orang. Ternyata perjalanan SURABAYA – KLATEN  sangat jauh……setibanya di KLATEN tepatnya di terminal penggung. Kita semua turun dan pergi ke kamar kecil setelah dari kamar kecil kita disuruh mampir oleh temannya mas ompunk yang mempunyai penginapan atau hotel di penggung. Disana kami beristirahat dan menyegarkan diri kemudian kami pun kembali pulang ke rumah masing – masing. Perjalanan panjang yang mengesankan dan sangat banyak menguras tenaga dan menyisahkan gambar – gambar yang sungguh mempesona dan indah



Berangkat :

Klaten – Kediri             : Gratis
Kediri – Malang                       : Rp 15.000 / orang ( bus pusapa indah )
Malang – Arjosari                      : Rp   5.000 / orang ( angutan biru kode ADL )
Arjosari – Tumpang                  : Rp 10.000 / orang ( angkutan putih kode TA )
Tumpang – Ranupani                : Rp 30.000 / orang ( truck engkel )

Nb : Tumpang – Ranupani  ada 2 transportasi truck engkel dan jeep klo jeep selalu stand by yang besaran biaya carter sebesar Rp 400.000 an

Pulang  :

Ranu pani – Tumpang    : Rp 30.000 / orang (truck engkel)
                                                   Rp 40.000 / orang ( jeep ) tapi minimal harus 10 orang
Tumpang – Arjosari                  : Rp 10.000/orang (angkutan putih kode TA)khusus malam
                                                   Rp 5.000 – 6.000 / orang harga normal
Arjosari – Surabaya                  : Rp 25.000 (bus AC)
Surabaya – Klaten                    : Rp 43.000 ( bus mira )

  • Surat keterangan sehat dari dokter atau puskesmas
  • Fotocopy KTP
  • Materai buat bikin surat pernyataan
  • Tiket masuk dan asuransi Rp 8.000 / orang
Biaya makan di basecamp
  • Soto                 : Rp 8.000 / porsi
  • Bakso malang : Rp 5.000 / porsi
  • Es teh               : Rp 3.000 / gelas
  • Aqua 1,5 lt       : Rp 6.000
Nb : bawalah makanan yang amis – amis dan yang enak – enak karena perjalanan sangat panjang…….brada, sarden tidak termasuk…..terlalu amis.
Catatan Perjalanan ini dibuat oleh Chatoer Prakoso (pembina POKPINK)

0 komentar:

Poskan Komentar